Loading...
Health & Fitness

Penyebab Rasa Gatal pada Ibu Hamil

Saat hamil, seseorang Ibu hamil juga akan alami sebagian perubahan pada badannya. Satu diantara hal yang seringkali dihadapi yaitu rasa gatal. Walau hal semacam ini yaitu hal normal, namun masih tetap saja juga akan membuat Anda terasa gatal. Rasa gatal yang berlangsung di bagian leher, payudara, perut serta kaki juga akan membuat Anda terasa tidak nyaman. Hal semacam ini lalu juga akan membuat Anda ajukan pertanyaan, apa penyebabnya gatal pada Ibu hamil.

Satu diantara hal yang bisa mengakibatkan rasa gatal itu yaitu kulit yang meregang. Karna sisi perut yaitu sisi yang alami peregangan yang terbesar, jadi umumnya sisi berikut yang paling merasa gatal. Rasa gatal ini juga akan makin menjadi-jadi bila nyatanya Ibu hamil itu mempunyai alergi. Bahkan juga ada Ibu hamil yang alami gatal yang terlalu berlebih sampai menimbulkan bintik kemerahan pada kulitnya.

Terkecuali karna peregangan kulit, rasa gatal ini yaitu tanda dari Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy atau PUPP. Hal semacam ini umumnya berlangsung karna ada penambahan hormon estrogen hormon Human Chorionic Gonadatrophin atau HCG. Atau mungkin dengan kata beda, penyebabnya gatal pada Ibu hamil yaitu karna ada perubahan hormon pada badan Ibu.

Rasa gatal ini pasti juga akan begitu mengganggu serta membuat Ibu menginginkan selekasnya menggaruknya. Walau sebenarnya garukan ini, terlebih dengan kuku yang tajam bisa mengakibatkan iritasi atau bahkan juga luka pada kulit Ibu. Semakin lebih baik bila Ibu cuma berikan usapan lembut di bagian kulit yang gatal. Tetapi bila gatalnya telah tidak tertahankan, Ibu dapat memoleskan salep atau gel yang dapat kurangi gatal. Sedang bila rasa gatal dibarengi dengan bintik merah serta iritasi, baiknya Ibu selekasnya berkonsultasi dengan dokter untuk mencari pemecahannya.

Mengenai cara-cara yang dapat Ibu kerjakan untuk kurangi rasa gatal waktu hamil yaitu :

  1. Menghindar kulit kering dengan minum 8 gelas air putih ;
  2. Memakai baju dengan bahan yang dapat menyerap keringat, misalnya katun atau kaos ;
  3. Memakai obat gatal tradisional agar tidak ada efek samping ;
  4. Melindungi kelembapan kulit dengan memoleskan body lotion atau baby oil sesudah mandi ;
  5. Mandi dengan memakai air dingin ;
  6. Memakai sabun yang mempunyai pH tinggi, misalnya sabun bayi ; dan
  7. Bila tidaklah terlalu perlu, baiknya Anda tidak keluar tempat tinggal waktu cuaca terik serta udara panas.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *