Loading...
Home & Family

Beberapa Langkah Untuk Mendesain Dan Menata Dapur Minimalis

Beberapa Langkah Untuk Mendesain Dan Menata Dapur Minimalis

Ada sebuah masalah besar bila kita memiliki dapur nan sempit atau ukurannya minimalis. Terlebih bagi sebagian besar dari kita yang hobi dalam memasak, dimana ukuran ruangan yang sempit pada dapur seringkali menjadi kendala yang sangat berarti tatkala memasak. Hal ini semakin diperparah dengan desain ruangan dapur yang terasa sangat membosankan. Lengkap sudah hambatan untuk beraktifitas pada dapur seperti demikian. Peduli akan hal tersebut, Sunligth kali ini akan membagi beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam mendesain sekaligus menata dapur minimalis sehingga hal-hal di atas dapat teratasi dan akhirnya aktifitas memasak akan terasa semakin menyenangkan.

Sebelum menata dapur minimalis, yang harus menjadi perhatian utama disini adalah bagaimana mendesain suatu dapur yang minimalis akan ukurannya. Barangkali dengan prinsip golden triangle, kita dapat membuat desain ruangan dapur yang minimalis jadi lebih mudah dan efektif. Golden triangle pada dapur adalah dapur yang dibuat sedemikian rupa hingga ujung atau sudutnya menyerupai segitiga, dimana ketiga sudut dalam golden triangle ini diisi oleh letak wastafel (tempat cuci piring), letak kompor, dan posisi dari penyimpanan seperti lemari es. Penataan ketiga komponen tersebut pada dapur minimalis haruslah linear, atau dengan kata lain peletakan yang ideal janganlah memposisikan lemari es bersebelahan persis dengan kompor. Selain efektif untuk aktifitas memasak, hal ini juga dapat menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik.

Langkah selanjutnya dalam mendesain dan menata dapur minimalis adalah selalu menyediakan preparation space sebagai tempat untuk melakukan aktifitas yang mendukung dalam memasak. Aktifitas mendukung memasak itu seperti menanak nasi, memblender dan menghaluskan bumbu atau bahan makanan, memotong dan lainnya. Preparation space ini sangatlah vital dalam mendukung berbagai aktifitas memasak. Bila sebagian dari Anda bermaksud membeli rumah developer, Anda tak perlu risau. Biasanya hal tersebut telah diantisipai oleh mereka, misal pun tidak, kita dapat membicarakan hal tersebut dengan developer yang bersangkutan. Akan tetapi bila kita bermaksud membangunnya sendiri, maka usahakanlah ketinggiannya tidak sampai melebihi ukuran 90 cm dan tak perlu membuat dak beton yang tebal, cukup dengan ukuran 8 hingga 10 cm. Sesungguhnya untuk hal ini dapat dikondisikan dengan hanya menggunakan keramik. Tetapi bila Anda menginginkan alas yang terlihat lebih rapi, dapat menggunakan homogenous tile. Satu lagi yang mesti dicatat adalah pilih dan gunakan furniture yang tahan panas untuk area dapur.

Agar kesan luas pada dapur minimalis bertambah, maka ada baiknya jika kita memberikan selalu penerangan yang sesuai dan cukup untuk dapur tersebut. Anda dapat membuat jendela pada ruangan dapur atau juga memasang exhaust fan yang diposisikan pada plafon dari ruangan dapur. Otomatis dalam hal menata dapur minimalis, sirkulasi udara harus tetap dijaga agar tetap terasa nyaman dan udara di dapur tidak terasa panas. Untuk dinding, gunakan dan pilih cat yang berwarna cerah seperti warna krem ataupun putih. Untuk dinding dapur, kita juga dapat menggunakan keramik agar ke depannya lebih mudah untuk membersihkan berbagai kotoran dari aktifitas memasak yang kita lakukan di dapur.

Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk semakin mempermudah kita dalam menata dapur minimalis, desain awal dari sebuah dapur sangatlah menentukan. Untuk itulah, sedari awal kita membangun sebuah rumah, selalu perhatikan benar detail dari setiap ruangan, terlebih dapur yang besar fungsinya untuk menghadirkan kenyamanan. Selain itu, kualitas sehat atau tidaknya suatu rumah dapat diukur dari kondisi dan keadaan dari dapur rumah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *